menu melayang

Selasa, 07 September 2021

Cara Membuat Karangan Bunga Duka Cita Sendiri: Cepat dan Mudah


Karangan Bunga - Saat mendengar kabar duka cita, selain mendoakannya kamu juga bisa memberikan karangan bunga duka cita sebagai bentuk simpati dan empati kepada keluarga yang ditinggalkan. Sebelum kamu putuskan untuk beli di toko bunga, tidak ada salahnya bila tahu cara membuat karangan bunga duka cita sendiri.

Karena kalau pun beli, paling sedikit kamu harus mengeluarkan budget sekitar Rp. 500.000 sampai Rp 1 juta. Berbeda jika tahu cara membuat karangan bunga duka cita sendiri, setidaknya kamu bisa meminimalisir pengeluaran. Nah, berikut ini ada cara yang bisa kamu gunakan untuk membuatnya sendiri.

Cara Membuat Karangan Bunga Duka

Langkah membuat karangan bunga duka yang identik dengan papan juga bisa kamu buat dengan mudah. Caranya yaitu siapkan semua bahan untuk membuat karangan bunga papan sebagai berikut.

Bahan Pembuatan Karangan Bunga:

  • Busa berbentuk kotak atau Styrofoam 
  • Lem tembak
  • Rangka kayu
  • Sapu lidi
  • Bunga segar, atau bunga kering, bahkan juga bisa bunga artifisial. Sesuaikan saja dengan budget dan keadaan.
  • Pita besar, bisa diganti dengan kain berbahan satin atau sejenisnya. 
  • Cat untuk papan
  • Cat untuk busa Styrofoam
  • Kawat
  • Cutter

Selain itu kamu juga harus siapkan bahan untuk membuat huruf pada karangan bunga papan, ini bahan - bahannya yang harus kamu siapkan, di antaranya adalah :

  • Berbagai macam jenis bunga satu warna untuk hiasan pada hurufnya
  • Kertas karton
  • Cat akrilik
  • Sikat busa
  • Pemotong kawat

Cara Membuat Karangan Bunga Duka Cita

Setelah semua bahan - bahan lengkap, tentukan langkah awal anda harus mendesain karangan bunga yang akan dibuat, dan mulai ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Rangka Styrofoam

Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuat rangka Styrofoam sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Bisa menggunakan rangka kayu sebagai dasar dalam menentukan ukuran papan, baru tumpuk dengan busa Styrofoam.

2. Posisi Styrofoam

Jika sudah terbentuk rangka yang sesuai dengan yang kamu inginkan, segera ikat Styrofoam tadi dengan kawat di empat sisinya. Jika bentuknya tidak kotak, bisa diikat pada sisi yang membutuhkan tahanan.

Pastikan Styrofoam terikat dengan kencang dan kuat. Agar posisinya tidak mudah goyah jika dipegang, lebih tegak dan kokoh dalam pengiriman atau ketika terpasang di area penerima karangan bunga.

3. Mewarnai Styrofoam

Jika posisi Styrofoam menurut kamu sudah pas dan sesuai keinginan, maka tahap selanjutnya adalah memulai untuk mewarnai Styrofoam dengan menggunakan cat akrilik.

Kamu bebas mengecat Styrofoam dengan warna apapun yang kamu inginkan. Gunakan warna yang sesuai agar tidak menimbulkan salah persepsi dan terlihat menenangkan.

4. Tulis Ucapan Duka Cita

Tahap selanjutnya, mulailah menulis rangkaian ucapan duka cita pada papan Styrofoam yang sudah di beri warna. Setelah itu, lengkapi dengan menggunakan bunga atau hiasan lain di sekitar huruf, agar indah.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan untuk membuat huruf karangan bunga papan dari berbagi macam sumber. Baik itu asli, artifisial, atau ala-ala rustic. Jika sudah membuat tulisan, maka pasanglah dengan menggunakan lem tembak dan pastikan tertempel dengan erat.

5. Menghiasi Karangan Bunga Duka Cita

Jika semua tulisannya sudah terpasang di Styrofoam dengan erat, langkah yang terakhir adalah memulai untuk menghiasi bagian tepi Styrofoam. Gunakan bunga-bunga serta daun yang sudah disiapkan agar terlihat lebih menarik dan indah.

Dengan menghiasi semua bagian dengan berbagai jenis bunga dan pelengkapnya, kamu bisa memvariasikannya menggunakan jenis bunga yang paling disukai oleh mendiang. Jika tidak, kamu pun bisa menggunakan bunga yang biasa digunakan untuk menghias karangan bunga duka cita seperti bunga krisan, mawar, lily, anyelir, dan anggrek.

Cukup mudah bukan untuk membuat karangan bunga duka cita? Kini kamu bisa mengkreasikan dengan model sesuai yang diinginkan. Perlu diingat bahwa dengan memberikan karangan bunga duka cita, diharapkan dapat mengurangi rasa sedih akibat kehilangan orang yang dicintai.

Termasuk, karangan buatan sendiri. Tentu akan lebih menyentuh dan mengena di hati keluarga penerima. Jadi, tidak ada salahnya belajar mengenai cara membuat karangan bunga duka cita sendiri, siapa tahu kedepannya bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel